Bertempat di halaman Balaidesa Belun Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (06/07/2024) berlangsung Apel Siaga dalam rangka peringatan hari jadi PSM (Pekerja Sosial Masyarakat) yang ke-49.

Acara yang dihelat setiap tahun ini dihadiri oleh seluruh anggota PSM se-Kabupaten Bojonegoro. Pada Hari Jadi yang ke-49 ini, PSM mengangkat tema “Merajut Kebersamaan dan Gotong-royong Menuju Terciptanya Kesetiakawanan Sosial”.

Selain anggota PSM, turut hadir dari rekan pilar-pilar sosial lainnya dan juga mitra dari Dinas Sosial, di antaranya TKSK, Pendamping PKH, Tagana, PMI, BPBD, Dinas Kesehatan, perwakilan dari Kecamatan Temayang dan juga Kepala Desa Belun beserta jajarannya.

Apel Siaga dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Sosial, Drs. Arwan, M. Si. Bapak Arwan, sapaan akrabnya, bertindak selaku pembina apel. Dalam amanatnya menyampaikan bahwa PSM harus tetap tangguh dan istiqamah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pengentasan masalah-masalah sosial.

“Saudara-saudara sekalian harus tetap istiqamah dalam melaksanakan tugas dan fungsi, PSM harus tetap tangguh dan sadar bahwa ini adaah tugas mulia dan panggilan hati yang harus diikuti”, tutur beliau.

Hal ini tentu sangat relevan dan mempertegas serta megingatkan kepada rekan PSM sekalian pada Peraturan Menteri Sosial No. 10 tahun 2019. Peraturan tersebut menjadi dasar terbentuknya wadah bagi para masyarakat yang atas dasar rasa kesadaran dan tanggung jawab serta didorong oleh rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Setidaknya ada 26 kategori PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) yang itu menjadi tugas untuk difasilitasi dan dientaskan oleh pilar-pilar sosial, termasuk PSM.

Maka dari itu, lebih lanjut Bapak Arwan berpesan agar ada kolaborasi antar pilar sosial untuk mengentaskan masalah sosial kemasyarakatan.

“Saya berharap kolaborasi antar pilar sosial terus dijaga dan ditingkatkan, karena dengan kolaborasi dan bersinergi maka kesetiakawanan sosial akan lebih mudah terwujud”. Imbuhnya. Dengan begitu, harapnnya pilar-pilar sosial bisa menyelenggarakan kesejahteraan sosial.

Di era digital dan disrupsi ini, sedikit banyak juga mempengaruhi perilaku dan kebiasaan baru yang menimbulkan masalah/kerawanan sosial. Seperti diketahui, yang marak belakangan ini ialah Judi Online dan Pinjaman Online. Itu seperti menjadi kausalitas baru terciptanya kerawanan dan masalah sosial.

Sesuai Permensos No. 10 tahun 2019, yakni PSM sebagai inisiator, motivator, dinamisator dan administrator juga seyogianya bisa ikut andil dalam masalah tersebut.

“Wujud kerelawanan saudara jangan hanya rela kehilangan waktu, tenaga dan materi. Akan tetapi marilah kita semua bersedia merelakan pemikiran kita mengingat perkembangan jaman yang terjadi saat ini. Hal itu membuat perubahan dan kemajemukan pada masyarakat pada masing-masing wilayah, tentu akan membutuhkan penanganan yang berbeda pula”, pungkas Bapak Arwan.

Apel Siaga ini menjadi acara pembuka dalam rangka peringatan hari jadi PSM ke-49. Karena setelah Apel Siaga, ada rentetan acara lainnya. Yakni Bhakti Sosial Donor Darah, pemberian santunan kepada PMKS, penanaman rumput vetiver dan pembinaan para anggora PSM.

Dirgahayu Pekerja Sosial Masyarakat.

PSM! Tiada Hari Tanpa Pengabdian! Pengabdian Tanpa Batas!


By Admin
Dibuat tanggal 06-07-2024
32 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
67 %
Puas
5 %
Cukup Puas
13 %
Tidak Puas
16 %