Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro menggelar kegiatan bimbingan teknis pengelolaan Dapur umum yang diikuti oleh Tagana, Linmas dan Masyarakat sekitar pada tanggal 17 dan 18 Nopember 2021 masing-masing di Desa Gedongarum Kecamatan Kanor dan Desa Kadungrejo Keccamatan Baureno. Selain Linmas, Tagana dan masyarakat, Bimtek juga dihadiri oleh tokoh maupun aparatur desa serta relawan desa setempat. Bimtek mengambil tempat daerah rawan bencana banjir. Bulan Nopember, Desember, Januari, Pebruari adalah bulan yang rawan dengan bencana banjir mengingat bulan tersebut adalah musim penghujan.

Sebagai Narasumber adalah Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Ir Titik Purnomo RIni, M.Si  menjelaskan dapur umum adalah untuk menyediakan makanan sederhana dan layak, higienis, cukup bergizi dan dapat didistribusikan kepada korban bencana dalam waktu yang cepat dan tepat. Sedangkan tujuan didirikannya dapur umum meliputi mempertahankan kelangsungan hidup dengan memastikan ketersediaan pangan bagi korban bencana, memberikan bantuan pertama berupa makan bagi korban bencana.

Setelah selesai mengikuti materi pengelolaan dapur umum, peserta langsung mempraktikkan bagaimana cara mengelola dapur umum untuk membantu korban bencana. Pelatihan di bimbing langsung oleh rekan-rekan Tagana sebagai fasilitator. Peserta di bagi kedalam beberapa struktur yang terdiri dari ketua / koordinator regu, wakil ketua, petugas administrasi, penanggung jawab peralatan, juru masak, petugas distribusi. Menu yang dibuat mecangkup gizi yang cukup, biaya murah, cita rasa memenuhi 4 sehat dan dapat diterima tepat waktu.


By Admin
Dibuat tanggal 20-11-2021
339 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
67 %
Puas
6 %
Cukup Puas
15 %
Tidak Puas
13 %