Sejumlah 21 orang gagal berangkat bekerja di kalimantan akibat menjadi korban penipuan calo tenaga kerja. Pasalnya calo tersebut mengaku salah satu karyawan PT. Sinar Mas group Surabaya. Mereka dikumpulkan ke Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Bojonegoro guna menerima pengarahan dari Kepala Dinas Nakertransos, Adie Witjaksono, S.Sos, M.Si. Kepala Dinas menghibau agar selektif dan kalo perlu menanyakan ke Disnakertransos terlebih dahulu untuk kebenaran informasi lowongan pekerjaannya.

Kejadian ini bermula pada hari minggu ( 15 Pebruari 2015 ) banyak orang berkumpul di kantor PDAM Bojonegoro, tempat kesepakatan berkumpul para calon tenaga kerja yang akan dibernagkatkan ke Kalimantan. Sugihanto, Ketua SPSI yang kebetulan lewat sempat menanyai hendak kemana para kumpulan tenaga kerja. Setelah menanyakan kepada Ahmad ( yang mengaku sebagai salah satu karyawan PT tersebut yang bertugas memberangkatkan calon tenaga kerja ) Surat tugas dan surat kelengkapan administrasi lainnya tidak lengkap.

Keesokan harinya ( 16 Pebruari 2015 ) merreka semua dipanggil oleh Disnakertransos Kab. Bojonegoro untuk dimintai keterangan dan pengecekan terhadap PT. Sinar Mas Group Surabaya. Setelah dihubungi, PT menyatakan bahwa tidak mempunyai pekerja / karyawan atas nama Ahmad. Akhirnya pihak Disnakertransos Kab. Bojonegoro membatalkan pemberangkatan calon tenaga kerja dan Sdr. Ahmad telah meminta maaf dan menyadari kekeliruannya. Disnakertransos pun meminta agar mengembalikan uang calon tenaga kerja yang sebelumnya dimintai sebesar Rp.200.000 tiap orang. Untuk itu berhati - hati lah dalam memilih lowongan pekerjaan, setidaknya dapat ditanyakan terlebih dahulu ke Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Bojonegoro untuk kebenaran infornmasi nya. (sda)


By Admin
Dibuat tanggal 17-02-2015
746 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
67 %
Puas
6 %
Cukup Puas
15 %
Tidak Puas
13 %